Jumat, 01 Februari 2013

TUGAS

1.Apa Yang dimaksud dengan Hardware Periferal  & sebutkan 5 macam ?
      Jawab : periferal adalah Hardware tambahan Pada Komputer , contoh nya : printer , speaker , Joy Stick , Scanner & Modem enternal .
2.Sebutkan 5 Macam Hardware Komputer & fungsinya ?
     Jawab :

         1. Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.

2.(motherboard)
adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

      3. Chipset
Komponen pada motherboard yang yang satu ini kebanyakan terdiri atas dua buah chip, north bridge dan south bridge.
Fungsi utama chipset adalah mengatur aliran data antarkomponen yang terpasang pada motherboard. Dua buah chipset yang biasanya ada pada motherboard sendiri punya tugas yang berbeda satu dengan yang lain.
Chip pada north bridge berfungsi untuk mengatur aliran data dari dan ke prosesor, bus AGP, dan memori utama sistem. Sementara, chip yang south bridge mengatur aliran data dari peranti input output, bus PCI, interface harddisk, dan floppy, serta peranti eksternal lainnya. Berhubung chip north bridge lebih vital kerjanya dibanding south bridge, tak heran jika chip inilah yang dipasangi heatsink, fan, ataupun kombinasi heatsink dan fan oleh pabrik pembuatnya.
      4. AGP
Singkatan dari Accelerated Graphics Port. Fungsinya adalah menyalurkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus melalui memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuannya untuk mengeksekusi texture maps secara langsung dari memori utama. Datang dengan berbagai cita rasa, saat ini kebanyakan motherboard menyertakan bus AGP 4X yang bekerja pada frekuensi 266MHz. Untuk sekarang ini, port AGP ini baru digunakan buat memasang kartu grafis yang notabene lebih cepat ketimbang memakai bus PCI. Akan tetapi, beberapa motherboard terbaru sudah menyertakan port AGP Pro yang bisa dipasangi baik kartu grafis berbasis AGP 4X maupun yang berbasis AGP Pro sendiri

 
    5. Soket Memori
Soket ini merupakan tempat untuk menempatkan memori pada motherboard. Soket memori memiliki bentuk yang berbeda untuk jenis memori yang berbeda pula. Kebanyakan motherboard memiliki slot sebanyak 3 atau 4 buah, tergantung dari chipset yang digunakan. Untuk memori SDRAM, soket DIMM yang harus dimiliki adalah soket 168 pin, sementara untuk memori jenis DDR, soket yang dipasang adalah soket 184 pin.

 

3.Apa Fungsi Bios Pada Peralatan PC ?
    Jawab :    1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
 
                     2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
                     3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
                     4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
 

4.Apa Fungsi Program driver pada Perakitan PC ?
     Jawab : Driver device adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. 5.Dapatkah Printer Berjalan Jika Kita belum menginstal program driver pada komputer kita ? & tentukan alasannya !
     Jawab: Tidak , Karena Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi.
6. Bagaimanakah Mengetahui Kerusakan Pada Mother Board ?

    Jawab : 1 X suara BIP
Kegagalan refresh DRAM. Sistem mempunyai masalah mengakses memori untuk merefreshnya.
2 X
Kegagalan rangkain parity. Pada data yang ditransmisikan dalam komputer, biasanya ditambahkan parity bit yang berfungsi untuk mendeteksi dan koreksi error. Pekerjaan ini dilakukan rangkaian parity yang terdapat dalam komputer. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya masalah pada memori atau motherboard.
3 X
Kegagalan base memori 64K. Base memori 64K adalah 64 KB memori yang pertama pada RAM. Kegagalan ini bisa disebabkan slot memori yang dikelompokkan dalam modul yang memiliki chip rusak.
4 X
Kegagalan system timer. Kemungkinan terdapat kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada motherboard.
5 X
Kegagalan prosesor. Dapat disebabkan panas berlebih, atau karena prosesor tidak terpasang benar ke dalam socketnya.
6 X
Kegagalan keyboard controller/gate A20. Keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengedalikan keyboard Anda.
7 X
Kesalahan prosesor.
8 X
Kesalahan baca/tulis memory display.
9 X
Kerusakan BIOS.
10 X
Kesalahan CMOS.
11 X
Kerusakan cache memori.
7. Sebutkan Contoh Perangkat Komputer Yang Bekerja dengan Prinsip OPTIK ?
      Jawab :
Disk CD RW & DISC DVD RW
8.Sebutkan 5 Langkag Perakitan PC ?
     Jawab :

  1. Penyiapan motherboard
  2. Memasang Prosessor
  3. Memasang heatsink
  4. Memasang Modul Memori
  5. memasang Motherboard pada Casing
  6. Memasang Power Supply
  7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
  8. Memasang Drive
  9. Memasang card Adapter
  10. Penyelesaian Akhir
9.Bagaimana Cara keselamatan Kerja jika kita sedang Melakukan perakitan PC ?
   Jawab : 
 LANGKAH 1 Sebaiknya lakukan perakitan PC di ruangan tertutup dan bebas debu. Idealnya sih memang di ruangan ber-AC (air condition).  

LANGKAH 2 Untuk menghindari arus statik pastikan outlet listrik di rumah Anda telah dibumikan (grounding), basuhlah tangan Anda terlebih dahulu dan keringkan. 

LANGKAH 3 Siapkan casing, bukalah dari dusnya dan keluarkan.
 LANGKAH 4 Pasanglah swicthing power supply unit (PSU) adapter pada tempat yang telah disediakan. 
 LANGKAH 5 Bukalah boks motherboard Anda, keluarkan dan letakkan mobo tersebut di meja.
 LANGKAH 6 Lepaskan tuas pengait prosesor dengan cara menekannya lalu tarik ke atas.
10.Sebuah Perusahaan warnet membutuhkan PC Untuk Game Center sebutkan spesifikasi hardware yang dibutuhkan dalam Perakitan PC ?  Jawab : Berbeda dengan PC pribadi, game center membutuhkan komponen-komponen yang tidak terlalu high-end tetapi mudah untuk dirawat dan di upgrade jika diperlukan. Di usahakan set komputer yang dibangun hemat daya sehingga tidak terkena tagihan listrik yang besar.
  • PROSESOR
Prosesor yang digunakan harus hemat daya dan mudah untuk di upgrade. Misalkan AMD Athlon 64, harganya sang ekonomis dan masih bertenaga untuk menjalankan game-game yang baru di rilis dengan asumsi VGA card yang memadai.
 
  • MEMORY / RAM
RAM yang digunakana sebaiknya 1GB, satu keping. Selain menghemat daya, pembelian satu keping lebih ekonomis daripada yang dual-channel (dua keping), dengan perbedaan performa 5%. Umumnya RAM memiliki garansi seumur hidup karena jarang sekali mengalami kerusakan.
 
  • MOTHERBOARD
Pemilihan motherboard harus mempertimbangkan faktor upgrade ke depannya. Motherboard yang kompatible dengan prosesor dual-core sudah baik, tetapi alangkah lebih baik apabila juga mendukung quad-core.
 
  • VGA CARD
VGA Card adalah salah satu faktor utama, karena performa dan kompatibilitas di ukur dari sini. Pilihlah VGA Card yang support Shader Model 3.0 tapi dengan harga yang ekonomis. Hindari GeForce 8400GS dan Radeon 2400 karena lebah Bandwitdh memory yang menghasilkan kinerja hampir setengah.
 
  • STORAGE
Storage yang tidak terlalu besar tetapi memiliki interface SATA akan mengurangi overhead pada sistem dibandingkan IDE. Storage yang diperlukan minimal 80GB – 120GB.
 
  • KOMPONEN LAINNYA
Komponen lainnya seperti power supply, casing dan optical drive tidak terlalu menjadi prioritas. Dapat di sesuaikan dengan budget.
 
Contoh Spesifikasi untuk Game Center yang Optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar